The Reason of My Life

The Reason of My Life
terimakasih untuk setiap cinta dari kalian untuk azt :*

Selasa, 29 Januari 2013

Glikogenolisis dan Glukoneogenesis


Nama              : Julistin Cahyani Salmon
NIM                : 1114040020
Kelas              : A (Pendidikan Biologi)


GLIKOGENOLISIS

Glikogenolisis adalah lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah agar dapat menghindari simtoma hipoglisemia. Pada glikogenolisis, glikogen digradasi berturut-turut dengan 3 enzim yaitu enzim glikogen fosforilase, enzim glukosidase, dan enzim fosfoglukomutase agar dapat menjadi glukosa. Hormon yang berperan pada lintasan ini adalah  glukagon dan adrenalin.

Senyawa yang diperlukan untuk jalur glikoneogenesis yaitu Asam laktat, dengan penggradasian enzim glikogen fosforilase, enzim glukosidase, dan enzim fosfoglukomutase. Sedangkan senyawa yang dihasilkan oleh jalur ini yaitu glukosa




GLUKONEOGENESIS

Glukoneogenesis adalah proses sintesis glukosa dari non karbohidrat sumber. Titik awal glukoneogenesis adalah asam piruvat, meskipun asam oksaloasetat dan fosfat dihidroksiaseton juga membuka pintu. Asam laktat, beberapa asam amino dari protein dan gliserol dari lemak dapat diubah menjadi glukosa. Merupakan lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, selain glikogenolisis, untuk menjaga keseimbangan kadarglukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtoma hipoglisemia. Pada lintasan glukoneogenesis, sintesis glukosa terjadi dengansubstrat yang merupakan produk dari lintasan glikolisis, seperti asam piruvat, asam suksinat, asam laktat, asam oksaloasetat.

Senyawa yang diperlukan untuk jalur glukoneogenesis yaitu piruvat dan oksaloasetat dapat dalam bentuk katabolisme asam amino. Sedangkan senyawa yang dihasilkan dari jalur glukonoegenesis adalah  asam laktat, asam piruvat dan alanina.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar