The Reason of My Life

The Reason of My Life
terimakasih untuk setiap cinta dari kalian untuk azt :*

Jumat, 22 November 2013

DEFINISI, KLASIFIKAS DAN PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN

logo-unm-cantik.jpg



TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN

DEFINISI, KLASIFIKASI, HAKEKAT DAN PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN





Kelompok II
Nama Anggota :
1. Susanna Anwar                  (1114040013)
2. Nur Amaliah                       (1114040017)
3. Julistin Cahyani Salmon       (1114040020)
4. Miftahul Jannah                   (1114040026)
5. Risal                                   (1114040062)



JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013

DEFINISI, KLASIFIKASI DAN PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN

1.  DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN
a.    Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
b.    Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
c.    Menurut National Education Associaton (1969) media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
d.    Schramm: “media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.”
e.    Gerlach & Ely: “media pembelajaran memiliki cakupan yang  sangat luas, yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi  yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

2.     KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
a.    Klasifikasi Media Pemebelajaran menurut Soeparno yaitu :
1.    Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi:
a)    Media yang memiliki karakteristik tunggal.
b)   Media yang memiliki karakteristik  ganda.
2.    Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi :
a)    Lama presentasi yaitu presentasi sekilas.
b)   Sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu.
3.    Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat dibedakan menjadi 
a)    Berdasarkan jumlah pemakai.
b)   Berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai.
b.      Klasifikasi Media Pembelajaran menurut taksonomi Leshin:
                  1.          Media berbasis manusia merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi.
                  2.          Media pembelajaran berbasis cetakan yang paling umun dikenal misalnya buku teks, buku penuntun, buku kerja/latihan, jurnal, majalah, dan lembar lepas.
                  3.          Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar.
                4.          Media visual yang menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya.
                5.          Media berbasis komputer
  
3.     PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN
a.       Edgar Dale (dalam Lataheru; 1988: 23) menyebutkan beberapa manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, sebagai berikut:
1.    Perhatian anak terhadap materi tinggi:
2.    Anak didik mendapatkan pengalaman kongkret;
3.    Mendorong anak untuk belajar secara mandiri;
4.    Hasil yang dipelajari atau diperoleh anak didik sulit dilupakan.
b.      Menurut Gagne: Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
c.       Menurut Briggs: Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
d.      Menurut Schramm: Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
e.       Menurut Y. Miarso: Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar