TUGAS MEDIA
PEMBELAJARAN
DEFINISI, KLASIFIKASI, HAKEKAT DAN PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN
Kelompok II
Nama
Anggota :
1.
Susanna Anwar (1114040013)
2.
Nur Amaliah (1114040017)
3.
Julistin Cahyani Salmon (1114040020)
4.
Miftahul Jannah (1114040026)
5.
Risal (1114040062)
JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
DEFINISI, KLASIFIKASI DAN
PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN
1.
DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar.
b.
Menurut
Briggs (1977) media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan
isi/materi pembelajaran
c.
Menurut National Education Associaton (1969) media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk
cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
d. Schramm: “media pembelajaran adalah
teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran.”
e. Gerlach & Ely: “media pembelajaran memiliki cakupan
yang sangat luas, yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang
membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan atau sikap.
2.
KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Klasifikasi Media Pemebelajaran menurut Soeparno yaitu :
1.
Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi:
a)
Media yang memiliki karakteristik tunggal.
b)
Media
yang memiliki karakteristik ganda.
2.
Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi,
yang dibedakan menjadi :
a)
Lama presentasi yaitu presentasi sekilas.
b)
Sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu.
3.
Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat
dibedakan menjadi
a)
Berdasarkan jumlah pemakai.
b)
Berdasarkan usia dan tingkat pendidikan
pemakai.
b.
Klasifikasi Media Pembelajaran menurut taksonomi Leshin:
1.
Media berbasis manusia merupakan media
yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan
pesan atau informasi.
2.
Media pembelajaran berbasis cetakan yang
paling umun dikenal misalnya buku teks, buku penuntun, buku kerja/latihan,
jurnal, majalah, dan lembar lepas.
3.
Media berbasis visual (image atau
perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar.
4.
Media visual yang menggabungkan
penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya.
5.
Media berbasis komputer
3.
PERAN PENTING MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Edgar
Dale (dalam Lataheru; 1988: 23) menyebutkan beberapa manfaat media pembelajaran
dalam proses belajar mengajar, sebagai berikut:
1.
Perhatian
anak terhadap materi tinggi:
2.
Anak
didik mendapatkan pengalaman kongkret;
3.
Mendorong
anak untuk belajar secara mandiri;
4.
Hasil
yang dipelajari atau diperoleh anak didik sulit dilupakan.
b. Menurut Gagne: Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa
untuk belajar
c.
Menurut Briggs: Wahana
fisik yang mengandung materi instruksional
d.
Menurut Schramm:
Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
e.
Menurut Y. Miarso:
Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar