TUGAS PEMBUATAN MEDIA
Media Pembelajaran
Oleh kelompok II :
Nur Amaliah
(1114040017)
Julistin Cahyani Salmon
(1114040020)
Miftahul Jannah
(1114040026)
Risal (1114040062)
Susanna Anwar
(1114040013)
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar
2013
MEDIA MODEL ATAU TIRUAN
Prosedur
Pengembangan Media
1. Identifikasi
kebutuhan dan karakteristik siswa
Belajar
tidak selamanya bersentuhan dengan hal - hal yang kongkrit, baik dalam konsep
maupun faktanya. Bahkan dalam realitasnya belajar seringkali bersentuhan dengan
hal-hal yang bersifat kompleks, maya dan berada di balik realitasnya. Karena
itu media memiliki andil untuk menjelaskan hal - hal yang abstrak dan
menunjukan hal - hal yang tersembunyi. Ketidakjelasan atau kerumitan bahan ajar
dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Bahkan dalam hal -
hal tertentu media dapat mewakili kekurangan guru dalam mengkomunikasikan
materi pelajaran.
Berdasarkan
identifikasi kebutuhan dan masalah di atas, maka kelompok kami membuat media
model sederhana atau media tiruan sederhana. Media ini merupakan media tiruan
dari benda yang berbentuk tiga dimensi yang dibuat sedemikian rupa dalam bentuk
dan tidak sama dalam hal lainnya, seperti ukuran. Model adalah tiruan tiga
dimensi dari beberapa objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu
kecil, terlalu mahal, terlalu jarang dan terlalu rumit untuk dibawa ke dalam
kelas dalam wujud aslinya.
Meski
semua orang tahu, bahwa belajar melalui pengalaman langsung atau melalui benda
sebenarnya mempunyai sejumlah keuntungan, perlu diketahui juga bahwa sejumlah
keterbatasan dalam belajar akan teratasi dengan penggunaan model. Semakin dekat
pengalaman belajar menyerupai kondisi dimana siswa akan menggunakan atau
memeragakan pelajaran yag mereka dapat, semakin efektif dan permanen
pembelajaran tersebut. Media ini sangat
cocok untuk siswa yang belajar secara visual yang dapat memperoleh hasil
belajar optimal dengan penglihatan.
2. Perumusan
tujuan
a. Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian sel dengan benar melalui pengamatan media
model
b. Siswa
dapat mendeskripsikan struktur sel dengan benar melalui pengamatan media model
c. Siswa
dapat menyebutkan organel-organel sel melalui pengamatan media model
d. Siswa
dapat membedakan sel tumbuhan dan sel hewan melalui pengamatan media model
3. Perumusan
materi
a. Pengertian
sel
b. Struktur
sel
c. Organel
sel
d. Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan
Komentar kelompok 3
1.
Biaya
Biaya
harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu.
Menurut kelompok 3 media kain flannel yang dibuat oleh kelompok 2 dari segi
biaya termasuk ekonomis karena tidak memerlukan budget yang tinggi. Jika
dikaitkan dengan hasil atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
penggunaan media ini, kami rasa tujuan yang akan tercapai terbatas.
2.
Kecocokan
dengan ukuran kelas
Menurut
kami media kain flannel ini tidak cocok untuk kelas dengan skala besar karena
ukuran media yang kecil.
3.
Keringkasan
Media ini
terlalu ringkas sehingga masih banyak komponen komponen yang tidak ada,
seperti:
a.
Tidak
tertulis nama jenis selnya
b.
Tidak
ada keterangan nama organel organel selnya
c.
Komponen
penyusun selnya belum lengkap
d.
Perbandinga
ukuran/ skala ukuran antar organelnya tidak seimbang.
4.
Kemampuan
unutk diubah
Media
ini akan sangat sulit untuk diubah, sehingga kurang cocok digunakan dalam
evaluasi pembelajaran.
5.
Waktu
dan tenaga penyiapan
Dalam
pembuatan media kain flannel ini waktu yang digunakan relatif singkat. Sehingga
tidak memerlukan waktu yang banyak.
6.
Kerumitan
Proses pembuatan
media ini tidaklah rumit sehingga tidak memerlukan keahlian khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar